Pantai Pulau Datok Sukadana Terkesan Kumuh

Objek Wisata Pantai Pulau Datok Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara pasca lebaran terkesan kumuh. Meski banyak sekali dikunjungi oleh para pengunjung pada saat lebaran kedua dan ketiga kamarin. Para pengunjung yang mengunjungi Objek Wisata Pantai Pulau Datok Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara hanya meninggalkan sampah-sampah yang berserakan dimana-mana. Yang sangat di sayangkan sekali sampah yang ditinggalkan kebanyakan adalah sampah-sampah plastik bekas kaleng minuman kemasan. Yang mana sampah-sampah tersebut tidaklah akan teruraikan oleh bakteri, dan dapat bertahan hingga puluhan tahun bila saja sampah tersebut tidak dibersihkan. Hal ini dapat dilihat dari setiap sudut pantai yang dan disetiap bibir pantai. Sampah plastik berceceran dimana-mana. Tak ayal lagi pantai yang begitu indah tesan kumuh.
Meski ada beberapa pemulung yang memungut sampah-sampah plastik bekas kaleng minuman kemasan tersebut, namun tidak semuanya dipungut rata. Artinya bekas kaleng kemasan minuman tersebut mesti harus dipilah-pilah lagi. Para pemulung sampah plastik tersebut hanya akan memungut dan mengumpulkan kaleng bekas minuman kemasan yang besar-besar saja. Alasan mereka hanya memungut kaleng plastik yang besar adalah, tidak akan memakan banyak tempat, sedangkan timbangan akan berat. Nantinya sampah-sampah plastik yang mereka pungut akan dijual lagi kepada para pengadah atau agen dengan harga perkilo adalah Rp. 1.500,- Adapun uang yang mereka dapat dari hasil memungut sampah bekas kaleng minuman kemasan tersebut adalah digunakan untuk menambah penghasilan keluarga. Karena dari kebanyakan pemulung yang memungut sampah adalah berasal dari keluarga yang ekonominya serba pas-pasan.
Tentunya sampah-sampah plastik yang berserakan di Objek Wisata Pantai Pulau Datok Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara tidak seharusnya dibiarkan begitu saja. Kalau sampai dibiarkan maka akan sangat merusak sekali dan akan mengakibatkan dampak lingkungan yang kurang baik. Karena sampah-sampah tersebut adalah limbah dari rumah-rumah produksi. Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara tidak seharusnya tinggal diam saja. Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus, terutama lagi bagi Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga yang membawahi Objek Wisata Pantai Pulau Datok Kecamatan Sukadan Kabupaten Kayong Utara. Perlu adanya penanganan khusus untuk megatasi sampah-sampah tersebut, dan sudah seharusnya Pemerintah Daerah memikirkan Objek Wisata terfavorit satu-satunya di Kecamatan Sukadana saat ini untuk kedepannya. Agar lebih tertata dengan baik dan dan lebih dapat menarik para pengunjung lebih ramai lagi.

Komentar

  1. setuju jang,bl dikelola lbh baik maka orang-orang akn semakin ramaidatang ke tmpat kita.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Gendam Puter Giling Nabi Sulaiman (Mahabbahsirr Yusuf)

Pulau Salah Nama

ILMU TONGKAT NABI MUSA