MAKNA TAHAYUL

Kepercayaa rakyat, atau yang sering kali juga disebut tahayul, adalah kepercayaa yang oleh orang berpendidikan barat dianggap sederhana bahkan pandir, tidak berdasarkan logika. Sehingga secara ilmiah tidak dapat dipertanggung jawabkan. Berhubung kata “Tahayul” mengandung arti merendahkan atau menghina, maka ahli Folklor Moderent lebih senang mempergunakan istilah kepercayaan rakyat (folk belief) atau keyakinan rakyat dari pada tahayul (superstitious) karene tahayul berarti : hanya hanyalan belaka, atau sesuatu yang hanya di angan-angan saja, meski sebenarnya tidak ada. Demikian juga istilah superstitious berasal dari kata latin supertitio yang berarti keterlaluan takut pada dewa-dewa.
Menurut para ahli Folklor, tahayul mencakup bukan saja kepercayaan (belief) melainkan juga kelakukan (behavior), pengalaman-pengalaman (experinces) ada kalanya juga alat, dan biasanya juga ungkapan serta sajak.
Disamping itu dalam kenyataannya dapat dikatakan bahwa tidak ada orang, yang bagaimanapun moderennya, dapat bebas dari tahayul. Baik dalam hal kepercayaan, maupun dalam hal kelakuannya. Ambil contoh, untuk mendapatkan keberuntungan, para pemain sepak bola dunia sering kali menyimpan foto anak atau istrinya di kantong celananya. Bahkan saat memasukkan bola ke gawang lawan sering kali pemain tersebut memperlihatkan foto anaknya ke penonton di stadion. Ini merupakan salah satu bentuk tahayul moderen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Gendam Puter Giling Nabi Sulaiman (Mahabbahsirr Yusuf)

Pulau Salah Nama

ILMU TONGKAT NABI MUSA